Intacsindo

Tantangan Perencanaan Perusahaan

Tantangan Perencanaan Perusahaan

Pemilik bisnis yang paling sukses tidak akan menunggu pertumbuhan terjadi – mereka akan mengambil langkah-langkah yang terencana untuk meningkatkan produk atau jasa mereka, operasi dan sistem pengiriman. Berpikir maju membutuhkan kombinasi penelitian, catatan bisnis yang akurat dan naluri kewirausahaan. Menempatkan ketiganya bersama-sama membutuhkan perencanaan yang bijaksana dan usaha yang berkesinambungan

Pencatatan Efektif

Salah satu tantangan perencanaan strategi bisnis adalah memiliki akses ke data bisnis yang akurat, up-to-date, termasuk angka rinci penjualan, laporan keuangan, anggaran departemen dan catatan layanan pelanggan. Sebagai contoh, memiliki angka volume penjualan saja tidak cukup, bahkan oleh tahun atau kuartal. Untuk merencanakan masa depan, Anda harus memahami produk atau jasa  masa saja yang telah memberikan margin keuntungan tertinggi dan laba kotor. Anda harus menganalisa chanel distribusi Anda dengan volume penjualan, biaya penjualan, margin dan laba kotor. Mengambil langkah-langkah untuk mengumpulkan prosedur pelaporan yang luas dan tepat waktu untuk semua departemen Anda.

Keahlian

Tidak peduli apa yang Anda rencanakan, Anda akan perlu menyertakan beberapa departemen dalam pelaksanaan Anda. Misalnya, jika Anda berencana untuk menambahkan saluran distribusi baru, departemen IT, bagian pengiriman dan departemen pemasaran Anda mungkin terlibat. Jika Anda berencana untuk mengurangi biaya tenaga kerja Anda, Anda akan perlu bekerja sama dengan  bagian produksi, keuangan dan departemen sumber daya manusia. Memanggil ahli di setiap bagian yang akan terlibat dengan perencanaan yang Anda lakukan, bahkan jika perlu menyewa sebuah perusahaan konsultan atau kontrak jasa dalam satu atau lebih daerah.

Keuangan

Banyak rencana strategis membutuhkan uang. Bahkan jika Anda tidak perlu banyak modal untuk memulai sebuah inisiatif baru, Anda mungkin perlu untuk mendanainya dengan pendapatan penjualan. Perencanaan strategis bisa sangat menantang jika Anda tidak memiliki laporan arus kas, master dan anggaran departemen, layanan hutang dan laporan kredit serta laporan laba-rugi yang akurat dan up-to-date. Jika Anda menulis buku Anda sendiri, gunakanlah jasa seorang akuntan profesional untuk membantu Anda belajar cara membuat berbagai laporan.

Penelitian Eksternal

Bahkan jika Anda punya semua sejarah , data, laporan dan informasi operasional yang Anda butuhkan untuk membantu membuat rencana strategis, Anda harus tahu apa yang terjadi di pasar yang mungkin mempengaruhi keputusan anda. Kunjungi pesaing Anda atau tempat-tempat di mana mereka menjual untuk melihat bagaimana produk mereka dibandingkan dengan produk yang anda miliki. Kunjungi situs-situs asosiasi perdagangan, majalah industri atau blog profesional untuk menemukan penelitian pasar dan mempelajari mengenai tren terbaru. Lakukanlah ulasan kepuasan pelanggan, survei pelanggan potensial dan kelompok fokus untuk membantu Anda mengeluarkan ide yang anda rencanakan. Cobalah berlangganan majalah bisnis untuk tetap mengikuti peraturan perundang-undangan potensial atau kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi rencana bisnis Anda.