Intacsindo

Pentingnya Asset Management dalam Perusahaan

Pentingnya Asset Management dalam Perusahaan

Melacak segala jenis mesin dan asset yang anda miliki akan sangat merepotkan. Sebuah tugas enterprise yang sangat esensial untuk memfasilitasi pengelolaan hardware dan software, ketaatan lisensi, regulasi dan keamanan. Maka dari itu sebuah solusi Aset manajemen yang sukses dapat menghemat tidak hanya uang dan waktu namun juga kesulitan dalam manajemen.

Mengapa Asset perlu dikelola?

Perkembangan asset management solution di Indonesia masih sangat minim dibandingkan dengan perkembangan solution untuk proses pembelian(Purchasing/procurement) atau penjualan (Order Management). Namun sebenernya  Asset Management merupakan salah satu dari solusi yang sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah perusahaan.

Menghindari pembelian yang tidak perlu

Dengan menerapkan pengelolaan asset dengan baik maka seluruh asset dapat dikontrol dengan baik, sehingga dapat menghindari pembelian yang tidak perlu. Dalam perusahaan dengan manajemen asset yang buruk akan kesulitan dalam menentukan prioritas untuk pengadaan barang.

Risk Assesment

Risk Assessment adalah metode yang sistematis untuk menentukan apakah suatu kegiatan/aset mempunyai resiko yang dapat diterima atau tidak. Hal ini sangat penting karena membantu menciptakan kesadaran tentang bahaya  dan resiko yang didapatkan dari aset yang dimiliki dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan bahaya dengan menambahkan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan dan tindakan pencegahan.

Keamanan

Dengan memanfaatkan asset management solution maka setiap asset yang dimiliki akan terrekam dengan baik, sejak dari pertama kali akuisisi hingga disposal aset tersebut, sehingga resiko kehingalan asset dapat dihindari sebisa mungkin.

Depreciation/ Penyusutan

Penyusutan (Depreciation) merupakan salah satu konsekwensi atas penggunaan aktiva tetap, dimana aktiva tetap akan mengalami ke-aus-an atau penurunan fungsi. Dengan pemanfaatan Aset manajemen solution maka penyusutan asset dapat di lacak dengan mudah.

Replacement Decision

Avoid Litigation

Correct Leasing Decision

 

Memilih Asset Management Solution yang tepat

Tidak banyak vendor software yang bermain untuk solusi asset management, namuan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asset management solution yang tepat dan sesuai untuk bisnis anda.

Aset

Sesuai dengan Sistem yang ada

Saat memilih sebuah asset management, ada berbagai macam pertimbangan salah satunya adalah apakah fitur danfungsi software yang ditawarkan dapat mengcover kebutuhan perusahaan? Sebagai contoh metode penyusutan, saat memilih software solution maka perlu juga diperhatikan metode depresiasi yang ditawarkan dan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jika perusahaan anda menggunakan metode penyusutan declining balance maka anda jangan membeli software yang hanya dapat mengcover metode straight line.

Dapat diintegrasikan dengan program lain

Asset Management sangat erat kaitannya dengan inventory dan juga purchasing, akan sangat baik jika program yang ada dapat di integrasikan dengan modul lainnya. Sehingga pembelian dan penyimpanan dapat dikontrol dengan lebih baik

Mengapa Memilih INTACS

Intacs telah berpengalaman dalam mengembangkan software bisnis lebih dari 20 tahun,  dengan platform Dynamics INTACS mampu mengembangkan software bisnis tanpa perlu coding. Dengan INTACS Dynamics 1.5 mampu mengcover seluruh kebutuhan sesuai dengan bisnis anda karena dikembangkan berdasarkan dengan bisnis proses yang berjalan di perusahaan.