Integrated Business, Management and Technology Outsourcing

Dengan berkembangnya teknologi informasi yang didukung oleh kecepatan internet yang sangat tinggi dan ketersediaan jaringan internet yang luas sangat memungkinkan tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaan tertentu bisa dikerjakan di luar lokasi kerja sehingga dapat diserahkan pada pihak ketiga / outsourcing.

 

Salah satu peluang yang dapat dioutsourcing adalah pekerjaan bisnis, manajemen dan teknologi yang bukan merupakan usaha inti perusahaan seperti bidang IT, bisnis proses manajemen, akuntansi dan lain-lain.

 

Perusahaan kini tidak perlu merekrut IT untuk pekerjaan pengembangan aplikasi dan pengelolaan hardware, begitu pula tenaga akuntansi untuk mengendalikan transaksi keuangan dan menyusun laporan dan analisa keuangan yang dihasilkan oleh sistem aplikasi yang dibuat sesuai kebutuhan perusahaan.

 

INTACS yang telah berdiri sejak 1993 berfokus pada pengembangan aplikasi akuntansi, bisinis dan ERP yang berpengalaman dalam membangun aplikasi full custom sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan menyediakan jasa outsourcing yang terintegrasi dalam bidang bisnis, manajemen dan teknologi informasi yang meliputi jasa pembangunan bisnis proses, pengembangan aplikasi, jasa akuntansi dan perpajakan sampai clouds hosting untuk server database dan aplikasi secara online dan realtime.

Perlunya Outsourcing

Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan saling berlomba dalam menerapkan strategi untuk memenangkan persaingan. Salah satu strategi yang sedang populer untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan adalah melalui outsourcing dengan memanfaatkan sumber daya dari luar yang lebih professional dan efisien untuk menyelesaikan tugas tertentu yang selama ini dianggap kurang efektif dan efisien.

 

Outsourcing berkaitan erat dengan restrukturisasi perusahaan untuk membenahi struktur perusahaan agar lebih efektif dan mampu mencapai competitive advantage dan fokus pada bidang usaha yang menjadi core business-nya yang benar-benar dikuasainya saja.

 

Dengan kata lain, agar dapat bertahan dalam persaingan, perusahaan harus menjadi spesialis pada core business-nya bukan sebagai generalis karena tidak mungkin bagi perusahaan untuk mampu menguasai secara baik berbagai bidang keahlian yang berbeda. Dalam hal ini bidang yang di-outsource adalah bidang penunjang (support functions) bagi kegiatan perusahaan, yang diharapkan akan lebih efisien jika dikerjakan oleh perusahaan pemberi jasa yang berspesialisasi pada bidang tersebut. 

 

Keunggulan Outsourcing

Perusahaan bisa lebih fokus mengurusi bisnis intinya daripada menghabiskan energi, waktu, dan biaya untuk hal-hal yang bersifat teknis, dapat menghemat anggaran untuk biaya pelatihan karyawan. Dengan penyerahan pengelolaan tenaga kerja ke perusahaan outsourcing, maka perusahaan tidak perlu lagi mengurusi perekrutan, pelatihan, administrasi tenaga kerja dan penggajian, dan lain-lainnya di setiap bulan.

 

Perusahaan bisa mendapatkan pekerja yang benar-benar kompeten di bidangnya. Pekerja dari perusahaan outsourcing biasanya lebih berkualitas daripada pekerja sendiri. Perusahaan outsourcing secara terus-menerus memaksimalkan kualitas pekerja yang disewakannya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan pelanggan dan ini merupakan salah satu peran outsourcing. 

 

Perusahaan tidak lagi direpotkan dengan urusan pesangon, THR, PHK, dan masalah lainnya sehubungan dengan pemutusan tenaga kerja, karena hal ini telah dikelola oleh perusahaan outsourcing.

 

Perusahaan tidak perlu melakukan alih teknologi dan pengetahuan yang butuh dana dan waktu. Lebih fleksibel untuk melakukan atau tidak melakukan investasi. Meminimalkan risiko kegagalan investasi yang mahal. Perusahaan bisa membagi risiko pekerjaan (di mana risiko bidang pekerjaan ditangani oleh perusahaan outsourcing dan risiko di bidang lain ditangani perusahaan itu sendiri). 

 

“It is not the strongest of the species that survives, not the most intelligent that survives. It is the one that is the most adaptable to change.”

 ― Charles Darwin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comment

Name

Email

Url


×

Hello!

Ada yang bisa dibantu ? Yuk chat via WhatsApp

× Ada yang bisa dibantu ? Chat via WA