Keuntungan Memisahkan Biaya Overhead Perdepartemen

Keuntungan Memisahkan Biaya Overhead Perdepartemen

Memahami biaya overhead dapat  sangat membantu dalam memahim produk atau jasa mana yang paling mahal atau paling murah untuk diproduksi. yang memberikan margin keuntungan terbesar dan laba investasi. Lebih dalam lagi untuk menentukan jebis biaya overhead dapat membantu dalam pengendalian atau penurunan biaya. Membuat anda mampu mencapai keuntungan maksimal

Manufacturing Overhead Langsung vs Tidak Langsung

Kebanyakan perusahaan manufaktur membagi biaya overhead ke dalam biaya langsung dan tidak langsung. Biaya langsung adalah biaya yang diperlukan untuk menghasilkan sesuatu, sementara biaya tidak langsung merupakan biaya yang dibutuhkan untuk membawa produk atau jasa ke pasar. Sebagai contoh, biaya overhead langsung membuat sebuah klub bola akan mencakup bahan, utilitas, tenaga kerja, klaim kompensasi pekerja, mesin, penyusutan mesin, sewa, hak paten dan biaya lainnya yang berkaitan langsung dengan manufaktur klub. Biaya overhead tidak langsung akan mencakup iklan, staf perusahaan, akuntansi, distribusi dan penjualan. Beberapa perusahaan lebih memecah manufaktur biaya dengan mengidentifikasi langsung,  biaya produksi, seperti bahan dan tenaga kerja. Biaya produksi lainnya yang secara langsung berhubungan dengan produksi, seperti sewa, utilitas dan pemeliharaan mesin, diklasifikasikan sebagai manufaktur biaya overhead, karena mereka adalah biaya yang berhubungan langsung dengan proses manufaktur yang ada bahkan ketika Anda tidak membuat klub.

Meningkatkan Akuntabilitas Kepala Departemen

Bila Anda membagi overhead pabrik per departemen. Biarkan mereka tahu Anda mencari cara untuk mengontrol dan mengurangi pengeluaran, dan bahwa pengendalian biaya merupakan bagian dari deskripsi pekerjaan mereka. Ini akan membuat manajer lebih sadar pengeluaran mereka dan memotivasi mereka untuk mengelola biaya yang lebih baik di daerah mereka.

Identifikasi Pengurangan Biaya

Dengan membagi biaya manufacturing overhead, Anda dapat melihat peluang untuk melakukan pengurangan biaya. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki redudansi antar departemen. Produksi, gudang dan distribusi. Masing masing departemen mungkin memiliki forklift mereka sendiri, manakala masing masing departemen dapat dengan efisien berbagi forklift. Dengan memisahkan biaya manufaktur overhead perdepartemen juga dapat memberikan kepala departemen Anda informasi yang dapat mereka gunakan untuk lebih mengenali dan mengurangi biaya di tempat mereka.

Akuntansi yang lebih baik

Menetapkan biaya overhead Anda ke daerah yang lebih spesifik memungkinkan departemen akuntansi untuk melakukan perencanaan yang lebih baik, menetapkan anggaran anggaran dan membantu Anda menetapkan harga untuk produk. Jika Anda memutuskan untuk menambah atau menghentikan produk baru, departemen akuntansi Anda dapat memberikan angka yang lebih akurat untuk biaya masing-masing produk.