Tip & Trik untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tip & Trik untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tip & Trik untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

Oleh SoftwareSuggest – 29 Mei 20180966

Perangkat lunak ERP ( perencanaan sumber daya perusahaan ) adalah masa depan teknologi bisnis – solusi ajaib ini adalah alat yang sempurna yang dapat membantu organisasi mana pun untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasionalnya. Implementasi yang sukses dari sistem ERP dapat sepenuhnya mengubah organisasi bisnis dan mengantarkan revolusi peningkatkan kinerja dalam tugas-tugas kerja rutin.
Hari ini, ruang pasar dibanjiri dengan banyak tawaran perangkat lunak ERP dan memilih solusi yang tepat untuk bisnis Anda mungkin sering tampak seperti tugas yang menakutkan. Manajemen perlu mempertimbangkan persyaratan khusus organisasi dan model alur kerja sebelum memutuskan pada perangkat lunak ERP yang paling tepat. Lakukan survei yang cermat dan tinjau semua opsi yang tersedia sebelum berinvestasi dalam sistem ERP kelas atas – itu pasti akan membawa bisnis Anda di jalur cepat menuju sukses!
Jadi, jangan ragu-ragu atau memiliki pemikiran kedua tentang mendapatkan perangkat lunak ERP untuk usaha kecil atau startup Anda.

Pilih sistem ERP yang tepat melalui langkah-langkah berikut:

1. Rencanakan dengan Tepat

Perencanaan sumber daya perusahaan adalah proses jangka panjang – Anda perlu memastikan bahwa organisasi Anda merencanakan dengan baik dan melakukan penelitian komprehensif sebelum memutuskan pada perangkat lunak ERP. Diskusikan dan integrasikan dengan semua kepala departemen untuk mengetahui persyaratan yang tepat dari sistem ERP, dan berinvestasi dalam modul yang sesuai untuk perusahaan Anda.
Pastikan untuk memilih solusi ERP yang sangat sesuai dengan anggaran keuangan organisasi Anda, dan akan membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang dengan mudah. Sedikit perencanaan yang baik pasti dapat membantu Anda memilih rangkaian sistem ERP terbaik untuk bisnis kecil Anda!

2. Memanfaatkan Kekuatan Kustomisasi

Sistem ERP harus dapat disesuaikan dan dapat dibentuk untuk memenuhi persyaratan spesifik organisasi anda. Tim TI Anda dapat membantu dalam personalisasi lengkap perangkat lunak ERP untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan alur kerja data bisnis organisasi Anda, dan perubahan atau penyesuaian perangkat lunak dapat dilakukan dengan mudah.

Kustomisasi yang tepat dari solusi perangkat lunak ERP akan memastikan kecocokan teknis yang sempurna dengan infrastruktur Anda saat ini – memastikan bahwa perusahaan Anda menuai manfaat luar biasa dari solusi aplikasi ERP yang disesuaikan dengan baik.

3. Ingat Anggaran

Keuangan dan anggaran dapat menjadi pemecah-masalah nyata saat berinvestasi dalam perencanaan sumber daya perusahaan untuk organisasi Anda! Pastikan Anda memahami total biaya kepemilikan dan perhatikan semua biaya tersembunyi sebelum mendapatkan perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan untuk organisasi Anda. Kerjakan pekerjaan rumah Anda dengan membandingkan kisaran harga vendor ERP yang berbeda, dan pertimbangkan pengembalian investasi (ROI) dari paket perangkat lunak yang berbeda.
Periksa apakah ada biaya pembayaran satu kali atau biaya berulang yang sedang berlangsung, dan pastikan bahwa perusahaan Anda mampu membeli sistem ERP yang dihargai dengan baik. Meskipun tidak ada keraguan bahwa perangkat lunak ERP yang tepat akan menjadi aset seumur hidup, pastikan untuk tetap mempertimbangkan pertimbangan moneter!

4. Pertimbangkan Reputasi Vendor dan Ulasan Klien

Memilih perangkat lunak ERP adalah kemitraan jangka panjang dan berkelanjutan untuk bisnis Anda – sangat penting untuk mendapatkan vendor yang andal, kredibel, dan sangat baik yang memahami kebutuhan organisasi Anda.
Pastikan untuk melakukan tinjauan umpan balik dan pemeriksaan latar belakang pada vendor perangkat lunak, dan menganalisis keberhasilan penawaran produk terbaru mereka di pasar. Ulasan klien yang baik dan umpan balik positif adalah tanda dari vendor yang berpengalaman ini meningkatkan kemungkinan transisi yang lancar dari integrasi perangkat lunak ERP dalam lingkungan kerja Anda!

5. Aksesibilitas dan Mobilitas Lengkap

Pastikan untuk memilih perangkat lunak ERP yang mudah diakses dan ramah pengguna, sehingga seluruh populasi karyawan Anda dapat dengan mudah mengadaptasinya. Sistem ERP yang terbatas pada desktop bersifat sangat terbatas, dan saat ini banyak perangkat lunak perencanaan sumber daya Enterprise yang canggih dapat digunakan pada ponsel, tablet, dan laptop.
Ini memastikan bahwa staf Anda dapat mengakses data penting saat bepergian, dan meningkatkan tingkat fleksibilitas operasional. Sistem ERP yang mobile-friendly juga dapat diakses di seluruh wilayah geografis, sehingga memastikan bahwa anggota tim Anda dapat berhubungan dengan tugas-tugas kerja bahkan jika mereka tidak berada di kantor!

6. Kompatibilitas dengan Sistem Perangkat Lunak yang Ada

ErP (Perencanaan sumber daya perusahaan) adalah platform holistik yang mengotomatisasi proses bisnis menjadi aliran yang bersatu dan terstruktur. Ini berarti bahwa untuk implementasi yang sukses, semua sistem perangkat lunak perusahaan harus diintegrasikan dengan lancar, untuk mempertahankan repositori data pusat.
Integrasi lengkap antara semua CRM, akuntansi, HRMS, dan sistem perangkat lunak lain-lain seperti Microsoft Office seperti spreadsheet, email system dan word processor menambah kelancaran aliran data antar departemen dan menghasilkan output atau hasil organisasi yang lebih tinggi. Jadi rencanakan integrasi sebelum berinvestasi dalam solusi ERP – ini akan mengarah pada operasi bisnis yang lancar dalam jangka panjang!

Kesimpulan

Keputusan memilih perangkat lunak ERP untuk organisasi Anda memang dapat memiliki dampak seumur hidup dan mengubah arah kesuksesan bisnis Anda. Jadi buat kisah Anda sukses besar dengan mendapatkan sistem ERP terbaik, dan bantu organisasi Anda mencapai kejayaan bisnis melalui riset dan konsultasi pasar yang cermat!