Contoh Sistem ERP Pada Perusahaan

Contoh Sistem ERP Pada Perusahaan

Beberapa orang belum mengetahui tentang contoh sistem ERP pada perusahaan. Padahal, bisa dibilang sistem tersebut memegang peranan yang cukup vital, terutama dalam hal pengolahan data.

Seperti kita ketahui, sebuah perusahaan perlu memiliki berbagai macam aplikasi manajemen agar seluruh aktivitas bisa dilakukan dengan baik. Tanpa aplikasi tersebut, sistem kerja pada sebuah perusahaan mungkin akan sedikit terganggu.

Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan tentang apa saja aplikasi untuk manajemen perusahaan. Selain itu, akan dijelaskan juga mengenai contoh sistem ERP pada perusahaan di berbagai bidang.

Contoh Aplikasi Manajemen Perusahaan

Untuk melakukan manajemen perusahaan, biasanya terdapat beberapa aplikasi yang digunakan. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

1. Aplikasi untuk absensi

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini digunakan untuk proses absensi karyawan. Selain itu, aplikasi tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam mengelola berbagai data seperti cuti, lembur, izin, atau jadwal kerja lainnya.

2. Software ERP

Seperti telah dijelaskan di bagian awal, ERP sudah mulai digunakan di berbagai perusahaan, baik itu menengah hingga besar. Berbagai aktivitas seperti pengadaan barang, proses operasional, pengelolaan proyek, dan lain-lain akan jauh lebih mudah menggunakan ini.

Beberapa keuntungan menggunakan software ERP adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi biaya operasional
  • Data menjadi lebih aman
  • Proses pertukaran informasi jauh lebih baik
  • Produktivitas meningkat
  • Pelayanan manajemen meningkat

Contoh Sistem ERP Pada Perusahaan

Pada sebuah perusahaan biasanya terdapat berbagai departemen atau divisi. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan sistem ERP di beberapa bagian.

1. Pada bidang accounting

Seperti kita ketahui, aktivitas akuntansi banyak sekali melibatkan data dan membutuhkan banyak waktu untuk mengelola. Apalagi jika perusahaan sudah berada di skala besar, tentu saja data yang dikelola juga sangat banyak.

Penerapan ERP akan membuat kegiatan tersebut menjadi jauh lebih efisien. Berbagai aktivitas seperti mengurus pengeluaran, pembuatan buku besar, pembuatan neraca keuangan, hingga manajemen pajak dapat dilakukan hanya dalam satu klik.

2. Pada bidang customer relationship management

Selanjutnya, contoh sistem ERP pada perusahaan di bagian customer relationship management adalah mempermudah dalam hal promosi produk atau mendapatkan data customer yang lebih akurat. Hal ini sangat penting mengingat customer merupakan salah satu nyawa dari sebuah perusahaan.

3. Pada bagian sumber daya manusia

Setiap perusahaan harus memiliki pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Hal tersebut bertujuan agar produktivitas bisa terjaga sehingga berbagai elemen dapat bekerja secara harmonis.

Dengan menggunakan sistem ERP, Anda bisa mengelola berbagai informasi dari karyawan seperti keterampilan, penilaian kerja, cuti, kehadiran, deskripsi pekerjaan, dan masih banyak lagi. Data-data tersebut sangat penting untuk nantinya bisa dilakukan pengembangan ataupun evaluasi.

Jadi, itulah tadi penjelasan tentang contoh sistem ERP pada perusahaan di beberapa divisi. Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan peran sistem tersebut memang sangat penting dan sebaiknya mulai digunakan oleh perusahaan lainnya. . Bantu kelola proses bisnis perusahaan Anda dengan sistem ERP yang mudah dan Low code platform dari Intacs. Tunggu apa lagi? Coba sekarang!

intacs-CTA
Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?