Inilah 4 Peran ERP Dalam Bisnis Logistik di Indonesia

Inilah 4 Peran ERP Dalam Bisnis Logistik di Indonesia

Meskipun kerap digunakan perusahaan besar, ERP juga diadopsi perusahaan menengah dan kecil. Lantas apa peran ERP dalam bisnis logistik di Indonesia? Karena sistem ini dapat mempermudah alur informasi bisnis logistik.

ERP mampu menyajikan data real-time dan akurat, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan agar bisa bertindak lebih tepat dan cepat. ERP sendiri merupakan konsep untuk perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan.

Softwarte ERP berupa paket aplikasi serta program terintegrasi, dapat menghilangkan data duplikat serta menyediakan integritas data. Seiring berjalannya waktu, sistem ini telah dikembangkan ke banyak sektor seperti manufaktur, pendidikan, hingga logistik.

Apa Itu Bisnis Logistik?

Bisnis logistik menjadi salah satu sektor usaha yang pertumbuhannya cukup pesat belakangan ini. Bisnis logistik sendiri merupakan bisnis yang bergerak pada bidang manajemen perpindahan barang.

Sistemnya berasal dari satu titik menuju titik akhir yakni konsumen atau titik konsumsi guna memenuhi permintaan tertentu. Kegiatan ini bertujuan menjamin ketersediaan barang atau produk secara tepat waktu hingga tiba di lokasi yang tepat.

Perkembangan bisnis logistik tak lepas dari perubahan gaya hidup dan tren masyarakat, yang semakin sering menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan. Contohnya ketika memesan lalu membeli barang melalui toko online, maka memerlukan jasa logistik sebagai pengantaran.

Apa Itu ERP?

ERP atau Enterprise Resource Planning System merupakan singkatan dari tiga kata yakni “enterprise” yang berarti organisasi atau perusahaan, “resource” atau sumber daya, serta “planning” yang berarti perencanaan.

Sehingga secara umum, ERP adalah suatu konsep perencanaan serta pengelolaan sumber daya perusahaan berupa paket aplikasi serta program terintegrasi yang dirancang untuk mendukung beragam fungsi perusahaan.

ERP dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. ERP juga bisa mempermudah alur informasi di suatu perusahaan, tak terkecuali bisnis logistik.

Bagaimana Peran ERP dalam Kemajuan Bisnis Logistik di Indonesia?

Berikut ini peran ERP dalam kemajuan bisnis logistik di Indonesia, diantaranya :

Menyajikan Data Akurat

Sistem ERP mampu menyajikan data akurat serta real-time, sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan serta bertindak lebih tepat tanpa perlu menunggu informasi maupun feedback. Pasalnya seluruh riwayat operasi bisnis sudah tersedia pada sistem.

Mengendalikan Distribusi

Distribusi menjadi aspek krusial dalam bisnis logistik karena mencakup manajemen pengelolaan transportasi serta pengiriman barang. Sistem ini dapat memberikan solusi dalam pengaturan distribusi yang lebih efektif, dengan mengumpulkan seluruh informasi yang diperlukan di central hub.

Mengoptimasi Kontrol Persediaan Barang

ERP adalah sistem yang tersentralisasi, sehingga seluruh informasi yang diperlukan oleh bisnis logistik bisa diperoleh dalam satu tempat termasuk elemen seperti pesanan, pengantaran, penjualan inbound serta outbond, dan lain-lain.

Membantu Mengelola Karyawan

ERP juga membantu dalam hal manajemen karyawan, karena dapat terintegrasi dengan aplikasi Human Resource Management atau HRM, sehingga dapat mengatur jadwal kerja, cuti, jam istirahat, dan lain-lain.

Optimalkan Manajemen Bisnis Logistik Anda dengan Intacs ERP

intacs-CTA

Demikianlah peran ERP dalam bisnis logistik di Indonesia. Percayakan Intacs untuk pengembangan bisnis Anda dengan aplikasi ERP yang dinamis. Untuk mendukung bisnis perusahaan dalam kondisi yang dinamis tersebut, sangat diperlukan bagi dunia usaha logistik untuk menerapkan aplikasi bisnis yang dapat mengelola perubahan dan dapat terus berkembang dan beradaptasi sesuai perkembangan perusahaan yaitu aplikasi yang dinamis yang mudah untuk dirubah dan disesuaikan sesuai perubahan kebutuhan bisnis di masa depan. Yuk mulai konsultasi kebutuhan ERP sekarang dengan INTACS.

1 thought on “Inilah 4 Peran ERP Dalam Bisnis Logistik di Indonesia”

  1. Pingback: Mengenal Perusahaan manufaktur dan contohnya | INTACS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?