Pentingnya ERP Dalam Industri Farmasi, Mampu Dukung Dunia Kesehatan

Pentingnya ERP Dalam Industri Farmasi, Mampu Dukung Dunia Kesehatan

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat para pebisnis harus pandai memanfaatkan teknologi, salah satunya pentingnya ERP dalam industri farmasi. Pasalnya ERP dapat menjadi sistem terpadu guna mengintegrasikan sumber daya perusahaan.

Industri farmasi tak lepas dari kebutuhan sistem manajemen yang tak hanya akurat namun juga cepat, guna mendukung operasional perusahaan. Penerapan software ERP menjadi salah satu langkah tepat, efisien, dan praktis.

Baca Juga : Perkembangan Bisnis F&B di Tahun 2022

Lantas bagaimana penerapan ERP dalam lingkup farmasi, apa saja keuntungannya bagi perusahaan? Bagaimana software ini membantu perusahaan dalam hal pengelolaan sumber daya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Perkembangan Industri Farmasi

Perkembangan dunia industri seperti farmasi menarik untuk diperbincangkan. Pasalnya dari zaman penjajahan hingga masa pandemi seperti saat ini, industri farmasi mengalami beberapa periode yakni :

  • Periode masa penjajahan .
  • Periode setelah kemerdekaan.
  • Periode 1958-1967.
  • Periode 1980.
  • Periode 2014.
  • Periode pandemi COVID-19.

Di awal kemunculannya, industri farmasi diawali dengan pendidikan asisten apoteker pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Kemudian berlanjut setelah kemerdekaan dengan tenaga asisten apoteker jumlahnya mulai bertambah.

Periode 1958-1967 dikeluarkan Undang-Undang Penanaman Modal Asing sehingga industri ini mengalami peningkatan, namun di sisi lain juga menghadapi hambatan karena sistem penjatahan bahan baku obat serta kurangnya devisa.

Evolusi terjadi sejak tahun 2014, karena pemerintah menghadirkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dapat memperluas pasar namun juga cukup mengganggu industri farmasi.

Pengertian ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning, merupakan sistem terpadu yang umumnya digunakan oleh perusahaan guna mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penerapan dari sistem ini nantinya dapat memudahkan perusahaan mulai dari tahap perencanaan hingga pengelolaan sumber daya.

Fungsinya pun bermacam-macam, mulai dari mampu mengintegrasi proses bisnis perusahaan agar berjalan efektif dan efisien, meningkatkan akurasi proses bisnis, hingga memudahkan dalam hal monitoring.

Penerapan ERP Dalam Industri Farmasi

1. Kualitas Layanan Kesehatan

Untuk layanan kesehatan, software ERP didesain guna memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik yakni dengan prosedur dan manajemen kebijakan rumah sakit yang akurat serta bermanfaat bagi pasien.

ERP dirancang dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan, dan bisa membantu pegawai dalam manajemen akurat dan operasional yang tepat sasaran.

2. Keselamatan Pasien

Tak hanya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, sistem ERP juga bisa membantu meningkatkan keselamatan pasien berkat laporan real-time, komunikasi yang lebih baik, serta pengambilan data lebih cepat dan akurat.

3. Biaya Operasional

Software ERP juga dapat membantu meningkatkan proses serta mengurangi biaya operasional, karena mulai dari petugas, staf keperawatan, pasien, hingga pelayanan kesehatan dapat berinteraksi serta berada di bawah satu sistem bersama dengan database yang terintegrasi.

4. Manajemen Data

Hal yang tak kalah penting dari sistem ERP adalah dapat memudahkan industri kesehatan serta farmasi dalam hal biaya perawatan, pembayaran pasien, laporan diagnosis, rekam medis pasien, pengelolaan keuangan, dan lain-lain.

Itulah pentingnya ERP dalam industri farmasi yang wajib diketahui. Mulai konsultasikan kebutuhan ERP di perusahaan Anda dengan Intacs Dynamics.

intacs-CTA
Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?