Pengertian dan Manfaat ERP Bagi Perusahaan Bisnis

Pengertian dan Manfaat ERP Bagi Perusahaan Bisnis

Sudah tahukah Anda apa manfaat ERP bagi perusahaan bisnis? Istilah satu ini memang masih cukup asing bagi sebagian besar orang. ERP disini merupakan suatu sistem terkait dengan pengaturan data-data bisnis atau usaha yang banyak digunakan oleh perusahaan.

Baik itu perusahaan dengan skala kecil hingga besar ternyata telah memanfaatkan keberadaan sistem tersebut. Dengan adanya ERP inilah maka bisa mengumpulkan dan mengatur informasi bisnis utama ataupun membuat perusahaan dapat beroperasi secara lebih optimal.

Apa itu ERP System?

Untuk memahaminya lebih lanjut maka Anda perlu mengetahui apa itu ERP system terlebih dahulu. Adapun kepanjangan dari ERP sendiri adalah enterprise resource planning yakni kegiatan mengumpulkan dan mengorganisir data bisnis melalui rangkaian software dimana sudah terintegrasi.

Jika disederhanakan maka ini adalah sebuah aplikasi yang mampu mengotomatisasi proses bisnis, mengontrol sekaligus mengumpulkan masukan dimana berasal dari berbagai data. Adapun data-data itulah dapat meliputi data akuntansi, rantai pasokan, manufaktur, penjualan, pemasaran dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Logistik

Dengan keberadaan data yang telah terintegrasi satu sama lain itulah maka pihak perusahaan bisa mulai melakukan analisis menggunakan berbagai strategi, menemukan metode untuk meningkatkan proses hingga menghasilkan adanya peningkatan.

Secara tidak langsung kegiatan inipun juga dapat membantu sebuah perusahaan bisa menghemat biaya operasional dan produktivitas dapat meningkat. Hingga saat ini, keberadaan dari sistem inilah telah banyak digunakan untuk berbagai industri.

Mengapa ERP Sangat Dibutuhkan di Era Sekarang?

Di era modern seperti sekarang, apabila bisnis Anda ingin berjalan dengan optimal maka memanfaatkan berbagai macam jenis software bisa dilakukan termasuk ERP ini. Ada banyak alasan mengapa kehadirannya dibutuhkan di era sekarang.

Sebab dengan hadirnya ERP maka akan membantu perusahaan dalam upaya mengalokasikan kembali SDM dan keuangan hingga membangun proses lebih efisien tetapi tanpa mengorbankan kualitas ataupun kinerja.

Tidak hanya itu saja, sistem itulah juga dapat menjadi sebuah asset di dalam perencanaan ataupun koordinasi. Pihak karyawan mampu melihat inventaris yang tersedia hingga pesanan pelanggan secara lebih detail.

Apa manfaat ERP bagi perusahaan bisnis?

Penggunaan dari ERP inilah ternyata juga akan memberikan beberapa manfaat bagi sebuah perusahaan. Berikut ini manfaat ERP bagi perusahaan.

Memberikan Kemudahan Analisis Data

Manfaat pertama yang bisa didapatkan oleh perusahaan adalah diberikan kemudahan dalam melakukan analisis data. Seperti sudah diketahui bahwa apabila sebuah perusahaan ingin mengambil keputusan maka wajib dipandu dengan data akurat.

Menjadi Solusi Penjadwalan

Selain itu, juga dapat memberikan kemudahan dalam proses penjadwalan dari perusahaan mulai mengatur shift, kapan inventaris dikirim hingga kapan melakukan pemeliharaan.

Manajemen Risiko Hingga Keamanan Data

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah melindungi perusahaan dari adanya praktik penipuan di era digital seperti sekarang. Terlebih lagi apabila Anda adalah pelaku bisnis online.

Mulai Terapkan INTACS Studio Low Code ERP

Mulai Terapkan INTACS Studio Low Code ERP

INTACS ERP yang dikembangkan dan berjalan dalam platform INTACS Studio merupakan aplikasi manajemen yang mengintegrasikan bisnis, manajemen dengan teknologi. Aplikasi ini dirancang dan dibangun selaras dengan implementasi dan penyusunan kebijakan manajemen berserta sasaran-sasaran kualitas kinerja yang ingin dicapai, agar terus dapat dievaluasi untuk perbaikan berkelanjutan. Yuk mulai konsultasi mengenai kebutuhan ERP bagi perusahaan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?