Manfaat ERP pada Marketing

Manfaat ERP pada Marketing Perusahaan

Banyak yang belum tahu bahwa terdapat manfaat ERP pada marketing perusahaan. ERP memang erat kaitannya dengan pengelolaan data dan sumber daya pada sebuah perusahaan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata sistem ini memiliki fungsi yang jauh lebih luas seperti marketing? Aktivitas pemasaran atau marketing memang sangat penting bagi sebuah perusahaan agar tetap bisa berdiri dan mendapatkan profit.

Lalu, apa sebenarnya peran atau manfaat dari ERP untuk sektor marketing? Agar lebih jelas, pastikan Anda menyimak seluruh artikel ini hingga selesai dan bisa menyimpulkan sendiri nantinya.

Baca Juga : Perkembangan Bisnis F&B di Tahun 2022

Apa Saja Kebutuhan Marketing pada Perusahaan?

Tanpa mengabaikan peran penting divisi lain, aktivitas marketing memang menjadi salah satu pilar dalam berdirinya sebuah perusahaan. Dengan marketing yang baik, maka klien atau customer akan terus berdatangan dan membuat arus finansial menjadi lancar.

Sesuai dengan namanya, marketing merupakan kegiatan untuk menarik pasar atau market untuk menggunakan produk dari perusahaan tertentu. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah beberapa pentingnya marketing pada sebuah perusahaan.

  • Menciptakan brand awareness
  • Meningkatkan jumlah penjualan
  • Membangun reputasi baik sebuah perusahaan
  • Melakukan riset serta mengembangkan produk
  • Memahami karakteristik pasar dan konsumen
  • Menjadi saran edukasi untuk customer

Dari poin-poin di atas, bisa dibilang bahwa kebutuhan marketing dalam sebuah perusahaan sangat penting. Tanpa adanya aktivitas marketing yang baik, tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi berbagai hal seperti pemasukan hingga brand awareness di pasaran.

Apa Saja Manfaat ERP pada Marketing Perusahaan?

Setelah memahami pentingnya marketing di bagian sebelumnya, Anda juga perlu mengetahui manfaat ERP pada marketing perusahaan. ERP adalah sebuah software untuk melakukan manajemen bisnis dengan mengelola seluruh data yang terlibat di dalamnya.

Dengan ERP, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola kinerja hingga memantau perputaran arus dana dari perusahaan. Data-data ini sangat penting untuk melakukan evaluasi apakah marketing yang dilakukan saat ini sudah baik atau belum.

Sebagai contoh, terdapat sebuah perusahaan yang bergerak di industri perangkat lunak. Di perusahaan tersebut, surveyor akan mengumpulkan data dari berbagai perusahaan untuk mencari tahu kebutuhan akan perangkat lunak tersebut.

Setelah melakukan survey, maka data akan dikumpulkan ke sistem ERP yang merupakan pengumpul data terpusat. Dengan metode penyimpanan data terpusat ini, perusahaan akan mendapatkan data yang lebih valid dan lengkap karena ERP beroperasi secara real time.

ERP juga cukup membantu untuk mengetahui perilaku konsumen yang bertujuanm embantu tim pemasaran untuk menginformasikan produk serta menarik calon pembeli atas penawaran produk perusahaan.. Dengan pelayanan yang lebih baik, maka peluang konsumen untuk menggunakan produk dari sebuah perusahaan akan jauh lebih tinggi.

Jadi, bisa dikatakan manfaat ERP pada marketing perusahaan cukup banyak dan memegang peran penting. Oleh karena itu, sebaiknya setiap perusahaan sudah mulai menggunakan sistem tersebut secepatnya.

intacs-CTA
Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?