Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Logistik

Industri logistik yang mengelola ratusan ribu logistik setiap hari pasti membutuhkan sistem yang canggih untuk mengelola keberadaan dan posisi logistik yang hendak diantar. Sistem canggih tersebut bernama ERP (Enterprise Resource Planning).

Sudah banyak industri logistik di Indonesia yang menggunakan ERP untuk pengelolaan barang dan jasanya. Mulai dari pengelolaan sistem keuangan, sumber daya manusia, pengiriman barang, penghitungan jumlah armada, dan lainnya. Seluruh data dan aktivitas tersebut telah terintegrasi di 1 sistem yang canggih yaitu ERP.

 

Sistem ERP Terbaik

Sistem ERP Terbaik

 

ERP Sajikan Data Real Time

ERP berjasa bagi industri logistik karena mampu menyajikan data secara akurat dan real time. Sistem ini mampu mengetahui letak atau lokasi keberadaan seluruh logistik yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Jadi, perusahaan dapat mengetahui lokasi terbaru sebuah barang, sekaligus kemanakah tujuan barang tersebut berlayar.

Jadi, perusahaan tidak perlu lagi menunggu laporan dari karyawan maupun informan untuk mengetahui keberadaan terakhir dari barang yang telah diamanahkan. Hanya dengan membuka sistem ERP, maka perusahaan dapat mengetahui titik terakhir logistiknya.

Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Salah satu kelebihan ERP adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa modul ERP yang biasa digunakan untuk industri logistik antara lain manajemen inventaris, distribusi, dan manajemen karyawan.

Perusahaan dapat menggunakan ERP sesuai kebutuhan masing-masing. Jadi tidak ada yang mubazir karena ERP digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

ERP Mampu Mengontrol Keberadaan Barang yang Dijaga Oleh Industri Logistik

Industri logistik diberi amanah besar untuk mengirimkan barang dari 1 tempat ke tempat lain. Tak jarang, barang-barang tersebut merupakan barang mewah yang harus diantarkan ke seberang pulau.

Untuk menjaga barang-barang tersebut, maka ERP akan mengontrolnya keberadaan barang-barang tersebut untuk tetap aman. Data lokasi terakhir barang tersebut bisa disampaikan secara real time kepada pengelola perusahaan industri logistik.

Rekomendasi ERP Untuk Industri Logistik

Industri logistik merupakan salah satu industri yang cukup susah untuk pengelolaannya. Harus menghitung barang yang masuk dan mencatat kemanakah barang akan keluar. Harus memperkirakan siapa yang akan mengantarkan barang tersebut, sekaligus barang akan tiba di mana.

Maka dari itu, sistem ERP mampu menangani masalah-masalah dan pekerjaan kasar tersebut. Jadi, karyawan industri logistik dapat fokus untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting dan bermakna.

Adapun penyedia software ERP yang paling recommended di Indonesia adalah intacsindo.com. INTACS telah berdiri sejak tahun 1993 yang mampu mengatasi segala permasalahan dunia bisnis, khususnya industri logistik.

Adapun ERP untuk industri logistik yang diciptakan oleh INTACS mampu mengelola bagian financial dan accounting secara efektif dan efisien. Tak hanya itu, ERP juga dilengkapi dengan Fleet Management System yang meliputi modul Fleet Order, Tire Management, Services and Maintenance, dan Procurement.  

Contoh penerapan ERP di industri logistik yang paling sederhana adalah adanya pembuatan rencana pengiriman secara detail sekaligus perhitungan tarif masing-masing rute yang terkait dengan jarak tempuh, perhitungan insentif, dan bonus bagi driver.

Selain itu sistem ERP juga dapat melakukan penjadwalan perbaikan armada transportasi sekaligus alat beratnya untuk kesehatan mesin. Mesin yang terawat dapat menjadi investasi yang baik di kemudian hari karena dapat menghemat uang lebih banyak.

Jadi, apabila Anda sedang membangun industri logistik maka pastikan menggunakan ERP untuk mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa lebih hemat biaya, hemat waktu, dan hemat pikiran karena semua aktivitas sudah dikontrol dengan baik oleh sistem ERP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comment

Name

Email

Url


×

Hello!

Ada yang bisa dibantu ? Yuk chat via WhatsApp

× Ada yang bisa dibantu ? Chat via WA