Intacsindo

SOP Sebagai Pondasi Dalam Implementasi Sistem ERP

SOP Sebagai Pondasi Dalam Implementasi Sistem ERP

Apa itu SOP, serta fungsi dan tujuan SOP.

SOP Sebagai Pondasi Dalam Implementasi Sistem ERP.
SOP (Standard Operating Procedure) jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah susunan pekerjaan yang standard. Secara istilah SOP dimaksudkan sebagai adalah Sistem yang berisi urutan proses melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir. Fungsi dan tujuannya disusun adalah untuk memudahkan, merapihkan dan menertibkan pekerjaan.

Mengapa SOP perlu diberlakukan di Perusahaan

SOP sebagai kerangka kerja acuan di perusahaan perlu diberlakukan untuk menentukan sebuah standard pekerjaan. Dengan SOP kita bisa mengantisipasi berbagai situasi yang mungkin terjadi dalam menjalankan bisnis kita. SOP akan memberi arah bagi staf perusahaan dalan menjalankan pekerjaannya. Dengan adanya SOP maka karyawan mengetahui lingkup pekerjaannya. Dengan kejelasan ruang lingkup ini, maka job description akan jelas sehingga tidak tumpang tindih. Dengan demikian maka kinerja staf perusahaan akan terjaga dengan baik.Bisnis-Proses

Memahami SOP dalam pengembangan Sistem ERP

SOP yang berisi urutan proses untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir idealnya sebuah ERP sistem dibuat berdasarkan SOP yang ada di perusahaan tersebut. dengan berpatokan kepada SOP maka sistem ERP yang diimplementasikan akan lebih tepat sasaran.

Masalah SOP dalam pengembangan ERP

Seharusnya SOP menjadi suatu kelebihan dan keuntungan dalam pengembangan ERP. Sebuah sistem ERP yang baik akan mengacu kepada SOP yang ada, memahami dan menganalisa SOP yang ada untuk dijadikan patokan pengembangan sistem itu sendiri, namun yang terjadi dewasa ini banyak aplikasi ERP kaku yang memaksakan sistemnya untuk berjalan melawan arus SOP itu sendiri. Oleh karena itu pengembangan sistem ERP perlu diperhatikan fleksibilitasnya

ERP yang Mengikuti SOP

Saat ini mulai banyak pengembang aplikasi ERP yang mulai memperhatikan segi SOP dalam peng-implementasian sistemnya. Hal tersebut sangat penting mengingat ERP dibangun guna memudahkan pelaksanaan sistem itu sendiri. Namun masalahnya muncul karena kebanyakan sistem ERP yang mengacu kepada SOP bersifat static dan sulit dikembangkan.

INTAC Dynamics Sistem ERP yang didukung SOP

Seperti fungsi awalnya sebagai sebuah sistem ERP untuk mendukung kinerja perusahaan Sistem ERP Intacs Dynamics dibangun mengikuti alur proses aktual yang terjadi. Berdampingan dengan SOP. Dalam tahap pembangunannya selalu dimulai dengan membahas Business Process dan SOP secara rinci. Setiap proses dijelaskan dan digambarkan chart dan bagan flowchartnya. Resiko,control dan tujuan dituliskan guna memahami lebih dalam mengenai proses yang terjadi. Menjamin tidak adanya proses yang melawan SOP dan tidak ada pekerjaan yang tumpang tindih.

Pengembangan Perangkat Lunak Bersifat Spiral didukung dengan Platform Zero Coding

Setiap perusahaan senantiasa berkembang, dan hal tersebut memungkinkan terjadinya pergeseran fungsi dan proses SOP. Begitu juga dengan proses bisnis yang terjadi di perusahaan sangat mungkin berkembang. Didukung dengan platform yang Zero Coding memungkinkan pengembangan yang lebih cepat dan tepat.