3 Manfaat Teknologi ERP untuk Perusahaan Manufaktur

3 Manfaat Teknologi ERP untuk Perusahaan Manufaktur

3 Manfaat Teknologi ERP untuk Perusahaan Manufaktur

Diposting pada 2 April 2019 oleh Elizabeth Quirk di Best Practices

3 Manfaat Teknologi ERP untuk Perusahaan Manufaktur

Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) adalah platform manajemen bisnis yang digunakan oleh bisnis, produsen, dan distributor untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengkomunikasikan data di semua fungsi perusahaan. Dengan mengintegrasikan informasi dari semua bidang bisnis (termasuk perencanaan produk, pengembangan, SDM, proses pembuatan, penjualan dan pemasaran, dan lainnya) ke dalam satu sistem perusahaan yang lengkap, sistem ERP memungkinkan data untuk dibagikan di seluruh departemen secara waktu nyata untuk merampingkan memproses dan mengotomatisasi tugas-tugas umum.

Karena pabrikan biasanya berusaha untuk merampingkan proses pembuatan, solusi perangkat lunak yang ideal akan membantu mengotomatiskan proses bisnis mereka, dokumen dan pengumpulan data sehingga mereka dapat fokus pada pembuatan produk yang sebenarnya. Produsen menggunakan perangkat lunak sehingga mereka dapat berinvestasi lebih banyak pada orang yang membuat produk. Perangkat lunak mengambil kompleksitas mengetahui kapan memesan bahan, memperkirakan permintaan dan mengelola bahan baku dari karyawan, yang memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada manajemen proses.

Ketika semakin banyak perusahaan berinvestasi dalam perangkat lunak ERP, produsen mengejar dan menyadari mengapa sistem ini menjadi hal terbaik berikutnya.

Manfaat Manufaktur ERP

Perencanaan strategis

Perangkat lunak ERP dapat memilih bidang-bidang di mana perbaikan diperlukan. Sebagai hasilnya, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi secara keseluruhan, terutama dalam hal manajemen waktu. Setelah masalah terdeteksi, lebih mudah untuk memantau apakah perubahan yang akan dilakukan akan efektif atau tidak. Ini juga mengurangi biaya dan risiko karena merampingkan berbagai proses bisnis, yang pada gilirannya mengurangi biaya operasional dan manajemen. Sedangkan, peningkatan integritas data dan kontrol keuangan mengurangi risiko bisnis secara keseluruhan.

Dengan kata lain, mengintegrasikan solusi ERP yang kuat membantu mengurangi tenaga kerja dan biaya operasional bisnis. Dengan itu, bisnis dapat mengelola waktu dan sumber daya manusia dengan lebih baik, pada akhirnya menghemat biaya dan mencapai ROI maksimum. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengkonsolidasikan pelaporan keuangan dan biaya lainnya (seperti administrasi).

Efisiensi operasional

Terlepas dari di mana Anda membuat,  dan mengirimkan produk, kebutuhan untuk operasi terintegrasi selalu intrinsik ke sektor manufaktur. Minat global saat ini dalam membuat sesuatu di satu negara, kemudian menjual produk itu di tempat lain secara real-time bertumbuh. Di masa lalu, koordinasi ini membutuhkan sejumlah besar kerja intelektual, operasional, dan keuangan hanya untuk memastikan bahwa bahan baku selalu tiba di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Namun, dengan sistem ERP saat ini, kesibukan sakit kepala ini dikurangi, dan dalam beberapa kasus, dihilangkan seluruhnya; karena platform ERP memungkinkan setiap orang dalam rantai produksi, baik besar maupun kecil, untuk berbicara dan berinteraksi satu sama lain sebagaimana diperlukan di seluruh bidang permainan digital yang umum.

Solusi ERP yang sukses dan kompeten menggunakan database terpusat terintegrasi yang mendukung semua proses inti bisnis. Ini mengarah pada integrasi yang mudah dari departemen dan proses silo dalam seluruh organisasi. Memiliki integrasi tanpa batas dalam suatu organisasi memungkinkan untuk berbagi ide yang lebih besar, pengambilan keputusan yang koheren dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Ini juga membantu dalam pengambilan keputusan yang terinformasi (dan lebih baik).

Peningkatan produktivitas

Dengan cara yang sama bahwa sistem ERP menawarkan peningkatan nilai-nilai operasional secara strategis, taktis, produktivitas perusahaan juga mengalami kemajuan yang sama. Sejumlah besar bisnis mengalami peningkatan luar biasa dalam efisiensi dan produktivitas keseluruhan dengan investasi pada solusi ERP. Mereka dapat membantu menghilangkan pengulangan dalam proses bisnis dan tugas-tugas manual yang membosankan, serta meningkatkan upaya mengikuti penerapan perangkat lunak ERP – yang menghemat waktu berharga karyawan. Ini, ditambah lebih banyak lagi, memungkinkan mereka untuk fokus lebih baik pada area lain dari operasi bisnis atau proses yang perlu ditingkatkan.

Di masa lalu, langkah-langkah produksi inti harus diintegrasikan dan dikelola secara manual, biasanya melibatkan proses penjadwalan berbasis kertas yang rentan terhadap kesalahan. Namun hari ini, sistem ERP yang lengkap memungkinkan semua proses tersebut  beroperasi secara paralel, sehingga memungkinkan konstelasi bagian yang bergerak dapat dilihat dan ditanggapi secara real-time.