5 Manfaat ERP Untuk Perkembangan Industri Garmen

Industri garmen merupakan industri yang memproduksi pakaian jadi dalam jumlah yang cukup banyak dan merupakan pangsa pasar dengan skala besar. Industri ini semakin lama semakin eksis di tengah masyarakat karena fashion telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Maka tak mengherankan bila banyak pabrik garmen yang mampu menghasilkan ratusan ribu lembar pakaian per hari.

Ada banyak aktivitas yang dilakukan oleh karyawan untuk memproduksi pakaian jadi, contohnya work order, purchasing, inventory, quality control, dan lainnya. Kalau aktivitas tersebut diurus secara manual, maka tidak akan terkejar target untuk menghasilkan ratusan ribu lembar pakaian setiap hari. Apalagi bila ada kendala tidak sinkronnya data antar  divisi satu dengan lainnya.

 

 

Untuk mengatasi permasalahan yang pelik tersebut, kini sudah banyak industri garmen yang menggunakan sistem ERP untuk perusahaannya. ERP merupakan software yang mampu melakukan sinkronisasi tugas, fungsi, data, dan dan proses secara efektif dan efisien.

Lebih dari itu, sebenarnya ERP memiliki banyak manfaat untuk perusahaan apalagi industri garmen. Berikut ini adalah 5 manfaat ERP untuk perkembangan industri garmen yang Anda kelola.

  1. Database Terpusat

Seluruh data yang telah dikumpulkan oleh karyawan akan langsung masuk ke database utama/induk secara realtime. Data-data tersebut tidak akan tercecer atau terpisah-pisah karena telah terintegrasi dengan baik.

Apabila ada data yang baru diinput, maka akan berpengaruh terhadap data-data lain. Jadi, data yang dikelola oleh ERP merupakan data terbaru yang bisa langsung digunakan untuk dikelola.

  1. Terintegrasi Secara Menyeluruh

Sistem ERP mampu mengintegrasikan seluruh aktivitas bisnis, baik produksi, pemasaran, dan penjualan. Hal ini berpengaruh baik terhadap terciptanya produktivitas, efisiensi, dan komunikasi yang baik antar karyawan karena data yang digunakan adalah sama.

Apalagi integrasi secara penuh dan menyeluruh di seluruh aktivitas perusahaan dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. Perusahaan bisa lebih hemat waktu dan hemat uang karena bisa memangkas waktu kerja dan tenaga untuk pekerjaan kasar yang bisa dilakukan oleh mesin.

  1. Menyajikan Data Realtime

Kelebihan dari penerapan ERP adalah mampu menyajikan data secara real time. Apabila ada penambahan jumlah bahan baku, maka akan berpengaruh kepada jumlah barang yang akan diproduksi.

ERP mampu menyajikan data secara realtime. Hal ini juga cocok dengan industri garmen karena perusahaan dapat memproduksi pakaian jadi sesuai tren yang sedang digaungi anak muda.

  1. Mengurangi Downtime Mesin

Pakaian jadi dibuat oleh mesin canggih untuk menghasilkan detail jahitan yang rapi dan sempurna. Adapun mesin ini beroperasi setiap waktu untuk mengejar target dan kebutuhan masyarakat.

Dengan adanya ERP, maka kinerja mesin dapat diketahui beserta masa downtimenya. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui apakah mesin yang digunakan telah over capacity atau sedang membutuhkan perawatan.

  1. Peningkatan Penjualan

ERP juga bermanfaat apabila diaplikasikan di bagian keuangan. Software ini mampu menentukan perencanaan yang baik berdasarkan data-data akurat yang telah dikumpulkan. 

 

Baca Juga : Rekomendasi Sistem ERP Terbaik Untuk Industri Logistik

 

Selain itu ERP dapat memberikan berbagai pilihan dan prediksi untuk memantau strategi penjualan yang optimal. Dengan demikian, industri garmen dapat berkembang lebih pesat untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan pakaian kekinian.

Itulah kelima manfaat yang akan dirasakan oleh industri garmen apabila memanfaatkan sistem ERP untuk manajemen perusahaannya. Salah satu penyedia sistem ERP yang terpercaya di Indonesia adalah intacsindo. Intacsindo telah berpengalaman membuat sistem ERP yang canggih untuk industri garmen. Jika Anda ingin tahu lebih detail mengenai penerapan sistem ERP di industri garmen, mungkin Anda bisa mepelajarinya di websitenya langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comment

Name

Email

Url


×

Hello!

Ada yang bisa dibantu ? Yuk chat via WhatsApp

× Ada yang bisa dibantu ? Chat via WA