6 Jenis Layanan Logistik dan Peran ERP di Dalamnya

6 Jenis Layanan Logistik dan Peran ERP di Dalamnya

Cakupan manajemen pada jasa layanan logistik terbilang cukup kompleks, meliputi perpindahan barang dari pemasok hingga ke penerima. Jenis layanan logistik pun beragam, mulai dari gudang hingga logistik laut.

Dalam sebuah bisnis pasti ada barang yang disimpan, disalurkan, atau dipelihara. Apabila tidak diawasi secara tepat, maka rangkaian aktivitas tersebut bisa berlangsung dengan tidak efektif.

Guna mengoptimalkan aktivitas tersebut, setiap bisnis maupun perusahaan harus mengerti apa itu layanan logistik. Agar lebih memahami tentang logistik, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Jasa Layanan Logistik?

Jenis layanan logistik

Layanan logistik merupakan suatu layanan yang tak hanya meliputi pergerakan produk dari satu tempat ke tempat lain, namun juga layanan berupa pengadaan, perawatan, distribusi, hingga penyediaan. Sehingga jasa ini mencakup upaya menghadirkan barang hingga perawatannya.

Layanan logistik dapat disebut sebagai langkah tepat yang diambil guna memaksimalkan kepuasan konsumen, karena secara tak langsung dapat membantu perusahaan untuk mengirimkan produk ke tangan konsumen secara aman, cepat, dan efisien.

Logistik pun berperan penting hampir di setiap sektor bisnis, karena mampu memfasilitasi pergerakan kargo dari satu tempat ke tempat lain dan dari produsen hingga ke tangan konsumen.

Apa Saja Jenis Layanan Logistik di Indonesia?

Berikut macam-macam jenis layanan logistik yang perlu diketahui setiap pelaku bisnis.

1. Gudang

Layanan ini menawarkan fasilitas penyimpanan barang sebelum akhirnya dikirimkan ke tujuan. Jenis layanan gudang sangat diperlukan terlebih untuk pengiriman jarak jauh, karena barang perlu transit di beberapa titik sebelum akhirnya tiba di lokasi tujuan.

2. Bongkar Muat Pelabuhan

Layanan bongkar muat pelabuhan cukup kompleks karena menghadirkan banyak servis sekaligus, termasuk layanan cargo handling guna menyimpan barang yang turun dari kapal sebelum akhirnya dikirimkan ke tujuan.

3. Kurir

Kurir bertugas mengirimkan paket ke pelanggan, sehingga jasanya kerap digunakan oleh para pemilik online shop. Penjual pun tak perlu repot mengirim sendiri pesanan ke tangan pembeli.

4. Kargo

Kargo adalah layanan pengiriman muatan barang menggunakan kendaraan, baik dengan kereta api, truk, pesawat terbang, hingga kapal. Umumnya layanan ini dipilih untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar.

5. Layanan Logistik Laut

Ada pula layanan logistik laut atau sea fright service, yang menerima pengiriman barang menggunakan jalur laut melalui kapal. Pengiriman barang menggunakan logistik laut biayanya pun relatif lebih murah.

6. Layanan Logistik Udara

Seperti namanya, air freight service atau layanan udara merupakan layanan logistik melalui jalur udara. Jasa ini bisa dipilih apabila pemilik online shop ingin mengirimkan barang secara cepat.

3 Cara ERP Membantu Industri Logistik

  1. Mengendalikan proses distribusi. Pasalnya dalam layanan logistik, distribusi menjadi hal krusial karena memuat alur pengiriman hingga pengelolaan alat transportasi.
  2. Mengoptimalkan manajemen stok barang, karena sistem ERP menyuguhkan informasi yang transparan terkait inventaris, jumlah barang dikirim, hingga jumlah barang datang.
  3. Tracking dapat dilakukan secara real-time, sehingga perusahaan dapat mengendalikan situasi ketika terjadi kendala tertentu dalam proses pengiriman.

4 Fitur INTACS ERP Untuk Membantu Manajemen Bisnis Logistik Anda

1. MOBILITY

Mudah digunakan dengan perangkat mobile untuk pengolahan data dan melakukan transaksi juga untuk memperoleh informasi dari mana saja.

2. FLEXIBILITY

Dibangun mengikuti proses dan alur kerja bisnis anda secara optimal serta lincah mengikuti perubahan kebutuhan bisnis anda di masa depan.

3. SIMPLICITY

Berbasis Low-Code Platform, sehingga sangat cepat dikembangkan dan mudah untuk dirubah, tanpa memerlukan keahlian pemograman TI.

4. INTEGRITY

Terintegrasi sistem manajemen mutu (ISO 9001:2015) yang didukungmanajemen proses bisnis, manajemen risiko, dan manajemen perubahan.

intacs-CTA

Demikianlah jenis layanan logistik beserta fitur ERP INTACS yang wajib Anda keetahui. Yuk mulai konsultasikan kebutuhan layanan sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?