Meningkatkan Efisiensi Manufaktur Melalui Analisis Data

Kamu pasti pernah bertanya-tanya apakah proses produksi pabrikmu bisa lebih efisien dan hemat biaya. Dengan volume produksi yang besar dan beragam, sulit untuk mengidentifikasi area pemborosan dan peluang perbaikan. Untungnya, data analytics dapat membantu. Dengan menganalisis data operasional pabrik yang lengkap, kamu dapat memahami operasi pabrik secara mendalam dan menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana data analytics dapat meningkatkan efisiensi produksi pabrik dengan mengidentifikasi pemborosan, mengoptimalkan kapasitas, dan memperkirakan permintaan produk. Dengan penerapan strategi data-driven, pabrik dapat menghemat biaya operasional, meningkatkan output, dan merespons permintaan pelanggan dengan lebih baik. Jadi duduklah, bersiaplah untuk belajar, dan nikmatilah tips yang dapat meningkatkan laba dan produktivitas pabrikmu!

Pengumpulan Data Untuk Analisis Manufaktur

Untuk dapat menganalisa efisiensi pabrik Anda, Anda perlu mengumpulkan data yang tepat. Data yang dikumpulkan harus mencakup:

  1. Waktu siklus setiap proses produksi. Catat waktu mulai dan selesai setiap tahapan produksi untuk mengidentifikasi bottleneck dan menemukan cara mempercepat aliran produksi.
  2. Tingkat cacat produk. Lacak berapa banyak unit cacat yang dihasilkan pada setiap tahap produksi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah kualitas dan menerapkan solusi untuk mengurangi tingkat cacat.
  3. Penggunaan sumber daya. Pantau penggunaan mesin, peralatan, bahan baku, dan tenaga kerja untuk memahami kapasitas yang ada dan menemukan cara meningkatkan efisiensi.
  4. Biaya produksi. Kumpulkan data biaya untuk setiap tahapan dan unit produk untuk memahami struktur biaya saat ini dan mengidentifikasi area yang berpotensi untuk penghematan biaya.

Dengan data yang tepat, Anda dapat menganalisa operasi pabrik secara mendalam, mengidentifikasi peluang perbaikan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Lakukan audit data secara berkala untuk memastikan data Anda mutakhir dan akurat. Analisis data yang berkualitas akan membantu pabrik Anda berjalan lebih efisien dan menguntungkan.

Membersihkan Dan Menstandarisasi Data

Untuk memperoleh hasil yang bermanfaat dari data analitik manufaktur Anda, Anda perlu memastikan data Anda bersih dan terstandarisasi. Ini berarti mengumpulkan data dari berbagai sumber di pabrik Anda dan menyatukannya dalam format yang konsisten.

Pertama, tentukan metrik utama yang ingin Anda lacak, seperti tingkat pengembalian produk cacat, waktu siklus, atau efisiensi mesin. Kemudian, identifikasi sumber data untuk setiap metrik, seperti sistem ERP, peralatan sensor, atau catatan kualitas manual.

Masukkan data dari berbagai sumber ke dalam lembar kerja tunggal. Bersihkan data dengan menghapus nilai yang tidak konsisten atau tidak lengkap. Standarisasikan format data dengan mengubah tanggal, angka, dan kategori ke format yang sama. Tambahkan kolom untuk mengidentifikasi asal data dan melacak perubahan.

Setelah Anda memiliki data yang bersih dan terstandarisasi, Anda dapat mulai menganalisisnya untuk mencari pola dan peluang perbaikan. Bersihkan dan standarisasi data Anda adalah langkah penting pertama menuju operasi manufaktur yang lebih efisien dan produktif. Dengan data yang akurat dan dapat diandalkan, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan mengoptimalkan proses secara keseluruhan.

Menganalisis Pola Dan Trend

Menganalisis data dari proses produksi Anda dapat mengungkap pola dan tren yang membantu mengoptimalkan efisiensi. Seperti kata pepatah, “Anda tidak dapat meningkatkan apa yang tidak dapat Anda ukur.” Dengan melacak metrik utama dari waktu ke waktu, Anda akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana operasi Anda benar-benar bekerja.

Cari pola dalam cacat, pemborosan, dan waktu siklus. Apakah suku cadang atau produk tertentu secara konsisten bermasalah? Apakah masalah cenderung muncul pada kemacetan tertentu atau selama shift tertentu? Memantau tren di area-area ini membantu Anda menentukan di mana perbaikan akan memberikan dampak terbesar.

Anda juga harus melacak efektivitas peralatan secara keseluruhan (OEE). Ini mengukur seberapa baik mesin dan karyawan Anda digunakan. OEE sebesar 85% dianggap sebagai kelas dunia. Jika OEE Anda di bawah 70%, kemungkinan besar Anda memiliki ruang untuk peningkatan besar dalam produktivitas, kualitas, dan efisiensi.

Menganalisis korelasi antara perubahan atau peristiwa dan KPI. Misalnya, apakah penerapan otomatisasi baru atau proses kontrol kualitas berhubungan dengan penurunan cacat? Apakah pelatihan silang karyawan pada beberapa mesin menyebabkan peningkatan OEE? Memahami hubungan-hubungan ini membantu Anda menentukan apa yang berhasil dan menjustifikasi investasi di masa depan.

Pisahkan data berdasarkan jenis produk, mesin, shift, operator, dan variabel lainnya. Bandingkan bagian dan proses yang serupa untuk mengidentifikasi praktik terbaik yang dapat Anda standarisasi di seluruh operasi. Cari perbedaan kinerja antar variabel untuk menentukan di mana pelatihan atau intervensi lain mungkin diperlukan.

Kunci dari peningkatan berkelanjutan adalah membuat keputusan berdasarkan data. Meskipun pengalaman dan intuisi masih penting, fakta dan bukti objektif harus memandu optimalisasi proses manufaktur Anda. Dengan menganalisis data historis dan tren saat ini, Anda akan mendapatkan wawasan yang berharga untuk membuat perubahan yang berarti yang dapat meningkatkan kualitas, meningkatkan hasil, dan menurunkan biaya.

Mengevaluasi Proses Bisnis

Mengevaluasi proses bisnis Anda adalah kunci untuk meningkatkan efisiensi dan mendorong peningkatan produktivitas. Seperti kata pepatah, “Anda tidak dapat meningkatkan apa yang tidak dapat Anda ukur.” Dengan menggunakan pendekatan berbasis data untuk menganalisis operasi Anda, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk mengoptimalkannya.

Langkah pertama adalah menentukan proses mana yang ingin Anda evaluasi. Fokuslah pada area yang berdampak besar seperti manufaktur, pergudangan, atau pengiriman yang secara signifikan memengaruhi biaya atau kepuasan pelanggan. Setelah Anda memilih proses, kumpulkan data yang relevan seperti waktu siklus, tingkat kesalahan, hasil produksi, dan biaya. Cari tren dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada dampak musiman atau variabel lain yang berperan.

Selanjutnya, periksa setiap langkah dalam proses untuk menentukan di mana letak inefisiensi. Carilah pemborosan proses seperti:

  • Kelebihan transportasi: Apakah pekerja atau material bergerak lebih dari yang diperlukan di antara langkah-langkah tersebut?
  • Persediaan berlebih: Apakah bahan baku tambahan atau barang dalam proses terakumulasi di titik mana pun?
  • Cacat: Apakah ada produk cacat yang diproduksi sehingga perlu dikerjakan ulang atau dibuang?
  • Produksi berlebih: Apakah Anda memproduksi lebih banyak unit daripada yang sebenarnya diminta?

Setelah menentukan masalah, evaluasi solusi potensial. Anda mungkin dapat mengurutkan ulang langkah-langkah, memperkenalkan otomatisasi untuk mengurangi kesalahan manusia, meningkatkan pelatihan, atau menghilangkan langkah-langkah yang tidak bernilai tambah. Jalankan uji coba solusi yang paling menjanjikan untuk menentukan dampaknya sebelum menerapkan perubahan secara penuh.

Terus memantau metrik utama Anda bahkan setelah perbaikan telah dilakukan sangatlah penting. Mengevaluasi ulang proses secara teratur memungkinkan Anda untuk melakukan peningkatan bertahap dari waktu ke waktu untuk mencapai efisiensi maksimum. Dengan pendekatan berbasis data yang berkelanjutan untuk mengoptimalkan operasi Anda, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui biaya yang lebih rendah dan kualitas yang lebih baik.

Memanfaatkan analitik data memberi Anda wawasan tentang bisnis Anda yang memungkinkan Anda membuat keputusan terbaik. Mengevaluasi dan meningkatkan proses inti Anda adalah siklus yang tidak pernah berakhir, tetapi akan memberikan manfaat yang signifikan. Dengan mengambil pendekatan sistematis untuk menghilangkan pemborosan dan mengoptimalkan produktivitas, Anda dapat mengubah perusahaan Anda menjadi operasi yang ramping dan efisien.

Menerapkan Perubahan Dan Memantau Kemajuan

Setelah Anda menganalisis data Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, sekarang saatnya untuk membuat perubahan pada proses manufaktur Anda. Kuncinya adalah memulai dari yang kecil dengan menerapkan perubahan bertahap, kemudian memantau dengan cermat bagaimana perubahan tersebut berdampak pada operasi dan metrik utama Anda.

Pilih satu atau dua perubahan untuk diperkenalkan, seperti menyesuaikan pengaturan mesin atau memperbarui prosedur operasi standar. Jelaskan perubahan tersebut kepada semua staf yang terlibat dan berikan pelatihan yang diperlukan. Selalu siap sedia untuk menjawab pertanyaan saat karyawan menyesuaikan diri dengan cara kerja yang baru.

Memantau Kemajuan

Setelah melakukan perubahan, perhatikan metrik utama Anda dengan cermat untuk melihat dampaknya. Ukur hal-hal seperti hasil produksi, tingkat kesalahan, pemborosan, dan biaya. Carilah peningkatan dan juga efek yang tidak terduga. Lakukan perubahan kecil yang diperlukan untuk mengoptimalkan perubahan.

Jika setelah beberapa minggu Anda melihat kemajuan yang berkelanjutan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan perubahan tambahan. Tetapi jangan mengubah terlalu banyak variabel sekaligus, atau Anda tidak akan tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Lakukan secara perlahan dan mantap.

Beberapa kiat lain untuk pemantauan kemajuan yang efektif:

  • Lacak metrik setiap hari atau setiap minggu, bukan hanya setiap bulan. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan masalah lebih cepat.
  • Dapatkan masukan dari operator alat berat dan staf. Mereka mungkin melihat peningkatan atau masalah yang tidak terlihat dari angka-angka saja.
  • Carilah indikator-indikator utama dan indikator-indikator pendukung. Indikator utama seperti tingkat produksi dapat menandakan kemajuan di masa depan, sementara indikator pendukung seperti biaya mengkonfirmasi apakah Anda telah mencapai target.
  • Bagikan informasi terbaru tentang kemajuan dengan semua pemangku kepentingan agar mereka tetap terlibat. Laporkan kemenangan, tantangan, dan langkah selanjutnya.
  • Lakukan penyesuaian dengan cepat jika Anda melihat efek yang tidak diinginkan. Lebih mudah untuk mengubah proses baru daripada membatalkan konsekuensinya di kemudian hari.

Pemantauan berkelanjutan dan penyesuaian bertahap adalah kunci untuk mengoptimalkan efisiensi produksi Anda. Dengan pemeriksaan kemajuan secara teratur dan kemauan untuk beradaptasi, perubahan berbasis data dapat memberikan dampak yang besar. Namun, mulailah dari yang kecil, bergeraklah perlahan, dan tetap buka mata Anda untuk melihat kemajuan dan peluang untuk berkembang. Kesuksesan datang melalui peningkatan yang stabil dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Jadi, analisa data dapat berdampak besar pada efisiensi proses manufaktur perusahaan Anda. Dengan memanfaatkan teknologi canggih untuk mengumpulkan dan menganalisa data operasional, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk memperbaiki alur kerja, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan produktivitas. Data yang diperoleh dari sensor dan sistem IT dapat memberi wawasan yang sangat berharga tentang apa yang berjalan dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.

Jika Anda belum menggunakan analisa data secara menyeluruh, sekaranglah saatnya memulai. Data Anda menyimpan sejumlah besar informasi yang berguna untuk meningkatkan efisiensi dan menghemat uang. Dengan memanfaatkan kekuatan data, Anda dapat membuat proses produksi jauh lebih cerdas dan menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah.

intacs-CTA ERP
Buka chat
1
Untuk info lengkap silakan chat kami !
Untuk informasi lebih lengkap tentang Aplikasi INTACS ERP+ silakan buka chat ini untuk memulai percakapan !