Perbedaan Discrete Manufacturing System dan Process Manufacturing System

Sebuah hal yang fatal manakala sebuah produsen memilih sistem software ERP yang tidak cocok dengan bisnis yang mereka kerjakan, sebagai contoh Pabrik chemical memilih Sistem ERP yang dirancang untuk produksi benda padat sejenis furniture. INTACS yang didukung dengan pembahasan Bisnis Proses yang matang mampu merambah ke Sistem Manufacturing Discrete ataupun sistem manufacturing Proses.

Inilah pengertian dan perbedaan dari Discrete Manufacturing System dan Process Manufacturing System:

Apa itu Discrete Manufacturing?

Discrete manufacturing adalah suatu proses produksi dimana produk-produk dibuat secara terpisah satu sama lain, biasanya berdasarkan pesanan pelanggan. Contoh produk-produk yang dibuat dengan proses discrete manufacturing adalah mobil, komputer, dan peralatan elektronik.

Proses discrete manufacturing biasanya menggunakan sistem pabrik yang terdiri dari beberapa mesin dan peralatan yang saling terhubung untuk memproduksi produk-produk tersebut. Pada proses ini, setiap produk dibuat secara terpisah dan dikirim ke pelanggan sesuai dengan pesanan yang diterima.

Keuntungan Discrete Manufacturing?

Keuntungan dari proses discrete manufacturing adalah bahwa produk-produk yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga pelanggan dapat mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginannya. Selain itu, proses ini juga memungkinkan pabrik untuk mengubah desain produk dengan cepat, sehingga dapat merespon perubahan pasar dengan lebih cepat. Namun, proses ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya produksi yang lebih tinggi dan waktu produksi yang lebih lama dibandingkan dengan proses produksi massal.

Apa Itu Process Manufacturing?

Process manufacturing adalah suatu proses produksi dimana produk-produk dibuat dengan cara mengolah bahan baku menjadi produk jadi melalui suatu proses yang terkontrol. Proses ini biasanya digunakan untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki komposisi yang kompleks dan tidak dapat dibuat secara terpisah satu sama lain, seperti minyak, kimia, makanan, dan minuman.

Proses manufacturing menggunakan sistem pabrik yang terdiri dari beberapa peralatan dan mesin yang saling terhubung untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi. Pada proses ini, bahan baku yang masuk ke pabrik diolah melalui serangkaian proses yang terkontrol secara ketat untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Keuntungan Process Manufacturing?

Keuntungan dari proses manufacturing adalah bahwa produk-produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang konsisten dan tinggi, serta dapat dihasilkan dalam jumlah yang besar. Selain itu, proses ini juga memungkinkan pabrik untuk mengoptimalkan penggunaan bahan baku dan mengurangi sampah yang dihasilkan. Namun, proses ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya produksi yang lebih tinggi dan waktu produksi yang lebih lama dibandingkan dengan proses produksi massal.

Perbedaan Discrete Manufacturing System dan Process Manufacturing System

Jika kita bicara mengenai manufakrut diskrit maka kita membahas mengenai perakitan suatu item dengan jumlah yang tepat misalnya jika kita membuat pulpen atau mesin maka kita akan mendapatkan nilai pembuatan 1,100, 500, dan yang lainnya kita akan membuat 0,9 atau 902,6. Berbeda manakala kita membuat keju, atau produk susu atau memproduksi bahan kimia ataupun campuran obat-obatan. Kita tidak dapat memastikan apakah hasil produksi yang didapatkan adalah 995,2 atau 10002 pil dan sebagainya.

Sebuah manufacturing discrete umumnya dapat diambil terpisah, dan ada bagian yang dapat dikembailan atau dipotong sebagaian hal ini berbeda dengan makanan atau bahan kimia lainnya, anda tidak dapat mengambil air murni yang dibuat untuk membuat roti.

Formula dan Bill of Material

Formula merupakan suatu hal yang mirip BOM dan bukan berarti itu adalah hal yang sama. Formula biasanya melibatkan berbgai satuan ukuran yang signifikan misalnya 2 galon dan 1 ons. Manakala kita Silesia membuat produk, Quality Assurance untuk proses umumnya melibatkan pengujian dan pengukuran yang berhubungan dengan persentase, hasil dan potensi, sedangkan untuk pembuatan discrete umumnya kita dapat melihat suatu kualitas dalam beberapa cara seperti lulus atau gagal.

Ukuran batch

Dalam proses manufacturing kita dapat menyesuaikan formula yang kit miliki untuk menghasilkan Batch yang lebih kecil jika kita hanya memiliki setengah bahan. Hal yang sama tidak berlaku pada manufacturing diskrit jika kita membutuhkan delapan baut dan delapan katup untuk membuat sebuah mesin maka kita tidak dapat menggunakan empat baut dan empat katup untuk membuat setengah mesin

INTACS Manufacturing System

intacs-CTA

INTACS Dynamics berpengalaman dalam menangani sistem manufacturing baik process manufacturing system maupun yang discrete manufacturing.  Hal ini didukung dengan platform Dynamics yang berhasil mengurangi kesulitan programmer dalam membangun aplikasi. INTACS di desain untuk dapat diubah tanpa memerlukan waktu  lama sehingga dapat dengan mudah diperbaiki. INTACS Dynamics juga di dukung dengan pembahasan bisnis process sebelum implementasi ERP dimulai.

Buka chat
1
Untuk info lengkap silakan chat kami !
Untuk informasi lebih lengkap tentang Aplikasi INTACS ERP+ silakan buka chat ini untuk memulai percakapan !