Intacsindo

Pentingnya Analisa Bisnis Proses dalam Pengembangan Software ERP

Pentingnya Analisa Bisnis Proses dalam Pengembangan Software ERP

Pentingnya Analisa Bisnis Proses dalam Pengembangan Software ERP

Sebuah Perusahaan besar umumnya memiliki SOP yang jelas dan perlu menerapkan analisa bisnis proses yang matang dalam menjalankan bisnisnya. Tidak jarang sebuah perusahaan memerlukan jasa konsultan ISO dan konsultan manajemen dalam penanganan bisnisnya untuk perkembangan yang lebih baik.

di era teknologi yang lebih maju perusahaan menggunakan software ERP dalam mengimplementasi dan mendukung proses bisnis mereka. sebuah software ERP yang baik senantiasa di bangun berdasarkan bisnis proses dan SOP yang ada di dalam sebuah perusahaan. oleh karena itu ERP yang baik pasti melakukan analisa mendalam mengenai proses bisnis.

Memahami Pentingnya Analisa Bisnis Proses dalam Pengembangan Software ERP

Sebuah Implementasi Software ERP harus dikembangkan berdasarkan analisa dari bisnis proses aktual yang terjadi. sebuah proses bisnis di dalam setiap perusahaan sudah pasti berbeda. oleh karena itu sangat penting menganalisa bisnis proses sebelum memulai develope sebuah sistem ERP.  banyak sekali Implementasi ERP yang tidak berjalan dengan baik atau bahkan mandek ditengah jalan. salah satu penyebab utamanya adalah tidak adanya analisa matang dari bisnis proses yang terjadi. padahal setiap unit bisnis unik dan perlu penanganan berbeda.

Hubungan SOP dan Bisnis Proses dalam Pengembangan ERP

Penyusunan SOP yang benar dan diimplementasikan dengan benar akan mampu menghasilkan pelayanan yang konsisten dan menjadi fondasi untuk melakukan perbaikan dan peningkatan operasional guna memenangkan persaingan dalam bisnis dewasa ini. Penyusunan SOP tidak terlepas dari menterjemahkan strategic intent perusahaan menjadi peta bisnis proses yang harmonis dengan model bisnis perusahaan. Sehingga SOP perusahaan adalah SOP yang terintegrasi dalam menjalankan strategi perusaan di tingkat operasional sehari-hari.

Permasalahan Implementasi Software ERP

Salah satu permasalahan umum dalam implementasi Software ERP adalah mengabaikan peran penting bisnis proses dan SOP yang ada. Software yang dijual bebas saat ini terlalu kaku sehingga sulit untuk menyesaikannya dengan bisnis proses yang ada. padahal software digunakan untuk mendukung performa dari user dan seluruh entitas perusahaan namun dengan kegagalan dalam analisa proses bisnis dapat mengakibatkan implementasi yang terlambat atau bahkan gagalnya pengguanan software itu sendiri.

Intacs Dynamics : Business Process Oriented

Intacs Dynamics – Pengembang Software ERP Indonesia telah mengembangkan software yang mengacu kepada bisnis proses.

Customize Based om Business Process

Bisnis Proses sebagai komponen penting

dalam pengembangkan setiap proses akan melalui penjelasan dan analisa bisnsi proses yang mantap sebelum akhirnya dilakukan pengembangan menjadi sebuah software yang terintegrasi.

Penegmbangan yang dilakukan selain mengacu dengan proses bisnis juga memungkinkan untuk pengembangan yang cepat dan sesuai dengan perkembangan perusahaan.