7 Keuntungan Sistem ERP Untuk Bisnismu

Banyak perusahaan yang telah mengalami peningkatan jumlah produksi dan jumlah keuntungan penjualan karena sistem yang berjalan efektif dan efisien. Sistem yang berjalan efektif ini merupakan dampak dari penerapan ERP (Enterprise Resource Planning). 

Sederhananya, ERP merupakan sistem yang mampu menyatukan sistem-sistem yang dulunya terpisah. Lalu digabungkan menjadi satu kesatuan supaya pengelolaannya lebih cepat dan tepat dalam pengambilan keputusan bisnis. 

 

Sistem ERP Manufaktur

Sistem ERP Manufaktur

 

Hal ini berdampak pada kinerja perusahaan karena ERP mampu memberikan keuntungan dan menghasilkan nilai tambah di luar ekspektasi. Berikut ini adalah 7 keuntungan penerapan sistem ERP yang diterapkan dengan baik di perusahaan.

  1. Perencanaan yang Terkontrol

Sistem ERP mampu menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda. Data-data tersebut disusun secara sistematis dan komprehensif. Apabila ada data baru yang masuk, maka seluruh data akan diperbaharui karena sifatnya ERP adalah real-time.

Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan karena bisa menganalisis pasar/bisnis berdasarkan data-data terbaru. Perencanaan yang terkontrol dinilai dapat menambah kepercayaan untuk menentukan strategi yang tepat.

  1. Manajemen yang Terkontrol

Apabila perencanaan sudah matang sejak awal, maka langkah pelaksanaan bisa lebih mudah dikontrol. Apalagi bila didukung dengan sistem ERP. Sistem ERP mampu mengelola aktivitas rutin harian perusahaan. Contohnya pemesanan barang, pengiriman barang, dan lainnya.

Tak hanya itu, ERP juga bisa membantu hingga tingkat keuangan. Contoh aktivitas yang bisa dilakukan oleh ERP adalah manajemen kas, realisasi penjualan, dll. Jadi perusahaan tak perlu menyimpan banyak software untuk perusahaan. Cukup menggunakan ERP, maka setiap aktivitas bisa dilakukan dengan maksimal.

  1. Pembaharuan Secara Realtime

ERP siap sedia untuk memberikan data terbaru karena pembaharuan terjadi secara realtime. Pembaharuan ini juga terjadi tepat ketika ada sebuah transaksi. 

Data-data terbaru yang dimasukkan pada menu pembayaran dan menu persediaan, secara otomatis akan diperbarui juga. Sifat utama ERP adalah mampu memberikan data secara realtime.

  1. Meminimalkan Kesalahan

ERP mampu mengintegrasikan seluruh sistem yang ada di perusahaan. Tidak akan ada lagi data yang terpisah atau tercecer. Selain itu, dengan masuknya sebuah data baru, maka akan tercatat dan terintegrasi di data lainnya. 

Jadi tidak akan ada lagi data ganda atau yang terduplikat hanya karena kesalahan manusia. ERP dinilai dapat meminimalkan kesalahan karena kelalaian manusia.

  1. Struktur Database Terpusat

Struktur database adalah terpusat apabila menggunakan ERP. Dengan database terpusat, maka memungkinkan administrasi yang lebih baik dan dapat dipantau secara langsung oleh pimpinan perusahaan.

  1. Menyajikan Laporan real time

Kabar baiknya, sistem ERP yang terintegrasi juga dapat menyajikan laporan yang data-datanya akurat dan real time. Jadi, manajer dapat mengakses laporan perusahaan kapan saja .

  1. Lebih Hemat

Dikarenakan sistem ERP mampu mengontrol sistem-sistem di perusahaan dengan efektif dan efisien, maka beberapa hal dapat dipangkas untuk menghemat biaya. Apalagi di ERP juga ada simulasi sehingga dapat mencontohkan bagaimana proses bisnis di perusahaan Anda bekerja. 

 

Baca Juga: Tip & Trik untuk Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda

 

Selain itu, sistem ERP dapat membantu untuk mengambil keputusan yang lebih menguntungkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Anda menjadi lebih hemat biaya karena dapat menghilangkan biaya operasional yang tidak perlu. Tugas kasar dan manual oleh karyawan bisa dihilangkan sehingga karyawan dapat fokus mengerjakan pekerjaan yang lebih bermakna.

Itulah 7 keuntungan apabila perusahaan Anda menggunakan sistem ERP. Keuntungan ini akan dapat Anda rasakan sendiri bila menerapkannya ERP untuk perusahaan. Salah satu penyedia software ERP yang terpercaya adalah Intacsindo. Menyediakan software ERP untuk segala aspek bisnis, mulai dari sistem manufaktur, industri garmen, logistik, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comment

Name

Email

Url


×

Hello!

Ada yang bisa dibantu ? Yuk chat via WhatsApp

× Ada yang bisa dibantu ? Chat via WA